Kamis, 06 Juni 2013

Fungsi Microsoft Excel dalam kehidupan sehari-hari

1)      Otomatis, dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi penghitungan data yang kita ketikkan. Dengan perumusan yang benar, maka Excel akan langsung melakukan perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap kali mengalami perubahan.
Contoh: misalkan data di dalam sebuah sheet Excel diubah/di-update, maka Excel dapat langsung melakukan peng-update-an hasil tanpa harus mengubah struktur keseluruhan dari penulisan spreadsheet.
2)      Komunikasi, dengan program ini kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user) lain. Program ini sudah dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang berlainan, bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama pada saat yang bersamaan pula.
Contoh: bertukar informasi di dalam perusahaan.
3)      Kalkulasi matematis, dengan program ini kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik penghitungan yang sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat kompleks.
Contoh: digunakan untuk mencari data dari hasil penjumlahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian, serta berbagai variasinya.
4)      Bidang akuntansi, dengan perumusan yang benar program ini dapat mempermudah kita untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan di bidang akuntansi.
Contoh: menghitung jumlah rugi/laba suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selama satu tahun, dan menghitung gaji karyawan.
5)      Grafik, dengan program ini kita bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.
Contoh: grafik perkembangan jumlah penduduk selama satu tahun, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan selama satu tahun, grafik kelulusan siswas elama 10 tahun.
6)      Untuk mempermudah membuat dokumen pekerjaan, sebelumnya kita harus mengetahui beberapa simbol dan beberapa keterangan yang digunakan dalam penulisan sebuah fungsi dari Ms. Excel.
Contoh: penyusunan lembar kerja, makalah, data perusahaan, penelitian, pembukuan, cash flow / laporan keuangan, serta analisa statistik.
7)      Pengolahan data
Contoh: pengelolaan data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data.
8)      Operasi Tabel, dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.
Contoh: memudahkan pembuatan dokumen yang penuh dengan tabel di suatu perusahaan.
9)      Internet, suatu saat mungkin kita akan mengirim data dalam bentuk tabel atau grafik pada orang lain di tempat di seluruh dunia, Microsoft Excel bisa melakukanya dengan baik sekali.
Contoh: mengirim data keuangan perusahaan pada perusahaan lain yang tempatnya jauh.
10)  Aplikasi, Ms. Excel dapat membantu kita merancang aplikasi siap pakai, yaitu dengan fasilitas macro.
Contoh: membuat sebuah aplikasi keuangan dengan menjalankan macro dalam VBA (Visual Basic for Applications).
11)  Membantu analisis data hasil penelitian.
12)  Menyimpan dan menampilkan data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar